Home » Gaya Hidup » Cara Pembuatan Batik Pria

Kita tentu mengenal kain batik, salah satu jenis kain khas Indonesia yang juga masuk dalam warisan budaya UNESCO. Kain ini biasanya akan memiliki corak atau motifnya masing-masing yang berbeda antara corak daerah satu dengan daerah lainnya. Batik pria maupun wanita memiliki cara pembuatan yang unik dan menarik serta menjadikannya khas. Batik akan dibuat di atas bahan yang berwarna putih dan terbuat dari kapas. Namanya adalah kain mori. Namun belakangan ini, batik juga turut dibuat menggunakan bahan lain, seperti polyester, sutera, rayon serta aneka bahan sintetis lainnya. Tujuannya adalah agar tersedia lebih banyak pilihan yang cocok untuk konsumen, karena bahan yang berbeda akan memberikan kesan pakaian yang berbeda pula.

Motif batik pria akan dibentuk menggunakan cairan lilin yang dimasukkan dalam canting. Canting digunakan dalam membuat motif yang halus. Sementara untuk motif yang besar, akan digunakan kuas. Cairan lilin akan meresap ke dalam serat kain. Kain yang sudah dilukis menggunakan lilin akan dicelup menggunakan warna yang diinginkan. Proses ini biasanya akan dimulai dengan warna-warna yang muda lalu berlanjut ke warna-warna yang lebih tua. Setelah selesai, proses pencelupan kemudian dilakukan lagi untuk motif lainnya yang menggunakan warna tua atau gelap. Setelah melalui beberapa kali proses pencelupan warna, kain akan dimasukkan dalam bahan kimia agar lilinnya larut.

Cara pembuatan batik pria di atas termasuk dalam cara tradisional, karena masih menggunakan lilin untuk melukis. Cara-cara yang lebih modern kerap digunakan, misalnya dengan menggunakan cap atau cetak. Prosesnya tidak akan memakan waktu lama dan bisa menghasilkan lebih banyak kain batik dalam waktu singkat. Batik cap juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding batik tulis. Namun, batik tulis akan memiliki kelebihannya sendiri, yaitu nilai yang lebih tinggi serta eksklusif. Model batik juga kian beragam, bukan hanya berbentuk kemeja formal namun juga kemeja lengan pendek yang semi formal, terutama untuk pria. Mendapatkan kain batik ataupun baju batik siap pakai ini semakin mudah, karena kita bisa menemukannya di toko-toko offline ataupun online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*