Home » Lain lain » Desain Rumah Minimalis Dapat Menghindarkan Anda Dari Stress

Image result for Desain Rumah Minimalis

Home sweet home. Itulah sebutan bagi semua orang karena bagi mereka rumah adalah istana, tak ada yang lebih nyaman dari rumah sendiri. Namun beberapa orang mempunyai pikiran untuk malas pulang ke rumahnya, mengapa? Ada yang beralasan rumahnya kotor, rumahnya berantakan, penuh dengan barang-barang, dan lain sebagainya.

Hal tersebut juga bisa berpengaruh terhadap desain rumah. Jika rumah Anda memiliki desain yang minimalis, tentu mudah diatur, mudah dibersihkan, dan pikiran Anda akan rileks. Bayangkan saja bila setiap pulang kerja selalu disambut oleh rumah yang berantakan, debu tebal di meja, tumpukan pakaian kotor, pasti pikiran Anda bertambah stress dan tidak nyaman berada di rumah sendiri.

Tujuan rumah dibuat adalah agar Anda bisa bersantai dan bisa melepas penat. Maka jika saat Anda berada di rumah namun tidak bisa beristirahat, Anda perlu membuat desain rumah yang minimalis agar merasa nyaman dan bisa bersantai di rumah. Desain minimalis juga membuat Anda sebagai penghuni menjadi merasa ceria saat berada di rumah, dengan begitu akan terhindar dari stress berlebih.

Desain perumahan yang bagaimana saja kah yang bisa membuat Anda tidak nyaman, mudah stress dan bad mood? Berikut ini penjelasan :

  1. Rumah yang tidak rapi dan terlihat berantakan akan membuat Anda tak tenang dan selalu cemas.
  2. Rumah yang kurang pencahayaan, baik itu pencahayaan sinar matahari atau pencahayaan lampu. Anda akan merasa depresi jika rumah terlalu gelap.
  3. Rumah yang terlalu terang juga kurang baik untuk kesehatan karena Anda akan merasa stress dan tergesa-gesa.
  4. Jika rumah Anda terlalu sempit Anda akan merasa pengap dan terperangkap, apalagi kalau ada tamu yang berkunjung.

Nah, desain rumah seperti apa yang bisa membuat penghuninya merasa rileks, terhindar dari stress, serta selalu ceria? Berikut ini pembahasannya :

  1. Tata letak ruang teratur dan mudah dibersihkan

Rumah minimalis selalu tampil bersih dan teratur, rapi, dan nyaman. Dengan desain tata ruang rumah minimalis Anda bisa dengan mudah membersihkan ruangan. Jangan terlalu banyak menyimpan barang yang tak berguna dan tidak memiliki fungsi yang berarti.

Misalnya bantalan sofa yang terlalu banyak, aksesoris kecil yang tak berarti, benda-benda kecil yang tergeletak di atas meja. Hal tersebut memicu adanya debu yang semakin menumpuk.

Memang aksesoris kecil seperti souvenir, mobil-mobilan, dan pigura yang banyak akan membuat suasana rumah menjadi ramai dan tidak hampa, namun hal tersebut juga akan membuat debu-debu yang menumpuk semakin banyak serta sulit dibersihkan.

Anda harus mencoba rumah gaya minimalis ini agar mendapat rumah yang membuat Anda rileks dan tidak stress. Tapi jangan biarkan rumah terlalu steril, simpanlah benda kesayangan Anda untuk dipajang agar tidak terlalu kosong, namun jangan terlalu banyak ya.

Rumah yang terlalu kosong akan membuat Anda merasa sedih, sementara rumah yang terlalu ramai membuat Anda mudah stress dan susah membersihkannya.

  1. Warna netral dipadukan dengan warna sedikit berani

Warna sangat berpengaruh terhadap mood Anda. Sebaiknya Anda menggunakan warna cat yang netral atau ringan seperti putih, krem, coklat, dan sebagainya. warna netral tersebut dipadukan dengan warna yang sedikit berani seperti merah, biru, ungu, atau warna lainnya sebagai aksen.

Paduan warna tersebut membuat suasana rumah menjadi sejuk dan tampil terbuka. Hal itu akan membuat Anda menjadi rileks dan gembira. Ruangan dengan warna netral dan sederhana akan membuat mata Anda tidak bingung karena warnanya tidak mecolok.

Pewarnaan dinding semacam itu juga bisa meningkatkan mood Anda karena Anda merasa ceria dan rileks saat melihat ruangan dengan warna yang sesuai.

  1. Kesederhanaan dan simetri bisa menenangkan Anda

Desain rumah minimalis selalu tampil sederhana (simple) dan simetris dalam penataan ruangnya. Contohnya dengan meletakkan lampu di ujung kanan dan kiri meja atau sofa, hal tersebut membuat Anda merasa lebih tenang dan puas.

Buatlah rumah yang dapat membuat Anda bahagia ketika masuk ke dalam. Salah satunya yaitu dengan mendesain rumah yang simetris di setiap ruangannya.

Sudah dibuktikan dari beberapa penelitian bahwa otak bereaksi terhadap simetris, dan membuahkan hasil yang positif. Rumah yang simetris juga membuat Anda mudah saat membersihkan rumah.

  1. Warna yang seimbang pada furnitur

Jika Anda memberi warna terang untuk rumah Anda, seimbangkan warna itu dengan warna lain pada setiap furniture yang ada. Misalnya cat warna putih diseimbangkan dengan bantalan sofa warna biru, vas bunga warna merah di atas meja, lukisan dinding, dan masih banyak lagi. Paduan warna seperti ini bisa membuat suasana rumah lebih berwarna dan menyenangkan.

Sudah terbukti bahwa desain rumah minimalis dapat menghindarkan Anda dari stress, bahkan membuat Anda lebih rileks dan ceria. Nah, tunggu apalagi? Buatlah rumah Anda seperti contoh desain di atas. Dengan paduan warna dinding, paduan warna furniture, dan tata letak ruang yang simetris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*