Home » Internet » Kiat Aman dan Tenang Menggunakan Wifi Gratis di Tempat Umum

Satu hal yang biasa dilakukan ketika nongkrong di kafe ialah menggunakan wifi gratis di sana. Menonton film, download tv series, hingga mengerjakan pekerjaan pun bebas dilakukan dengan wifi gratis. Tentu ini sangat menguntungkan, apalagi untuk Anda yang tidak langganan wifi di rumah.

Namun ternyata ada penggunaan wifi gratis ini cukup berbahaya, lho. Misalnya saja bahaya akan virus, hacker, hingga mata-mata. Lalu apakah ada cara amannya?

Tenang saja, kami akan memberikan beberapa tips supaya terhindar dari bahaya wifi gratis ini. Apa saja? Yuk, simak beberapa tipsnya.

Pastikan wifi tersebut sah dan legal

Ada beberapa wifi palsu buatan para criminal cyber yang menggunakan nama-nama tertentu agar terlihat saru dan familiar. Seperti misalnya suatu nama hotel, kafe, restoran, dan berbagai tempat publik lainnya. Jika Anda ingin menggunakan wifi di tempat umum, pastikan bahwa wifi itu tidak palsu dan legal. Jika ada di kafe, tanyakan langsung pada pramusajinya wifi mana yang mereka gunakan. Biasanya kafe memiliki wifi sendiri dengan diproteksi password. Jadi akan lebih aman digunakan.

Mencurigai wifi yang tidak diproteksi password

Nah bagaimana jika wifi yang Anda akan gunakan tidak diproteksi password? Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu ketika akan menggunakannya. Karena bisa jadi wifi tersebut adalah sebuah jebakan yang dibuat oleh scammers untuk mencuri data pribadi Anda. Bahkan ada pula wifi gratis yang secara otomatis bisa terhubung langsung pada gadget. Sebaiknya, matikan wifi segera jika berkunjung ke tempat seperti ini.

Waspada wifi palsu

Wifi gratis yang tersedia di luar itu belum tentu resmi dan aman, lho. Karena bisa saja ada wifi palsu yang dibuat oleh para hacker. Memang tidak mudah membedakan antara wifi asli dengan yang palsu. Maka jika masih bisa menggunakan kuota, pakai saja daripada mengorbankan data pribadi gara-gara wifi gratis yang palsu.

Gunakan VPN

Virtual Private Network atau VPN secara otomatis mengenkripsi data sehingga akan menyulitkan para penjahat cyber untuk mencuri data Anda. Jadi dengan VPN, data dan informasi yang terdapat pada perangkat akan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*