Home » Gaya Hidup » Memilih dan Mengenali Batik Tulis Solo Asli dengan Tepat

Sudah banyak diketahui oleh publik bahwa batik tulis solo yang dihasilkan oleh para pengrajin di Kota Solo ini memiliki ciri khas yang unik serta keistimewaan tersendiri daripada dengan batik yang dihasilkan dari kota lain. Masing – masing daerah di Indonesia yang menjadi sentra industri batik pasti memiliki keistimewaan srta khas tersendiri untuk batik yang dihasilkan. Batik – batik produksi daerah di Indonesia tidak ada yang paling bagus ataupun paling jelek, melainkan memiliki ciri dan keistimewaan yang berbeda – beda di masing – masing daerah. Yang terpenting dalam memilih batik adalah kita bisa memilih batik tulis yang asli.

Salah satu kota penghasil batik di Indonesia adalah kota Solo. Batik Tulis Solo yang dihasilkan kota ini memiliki kualitas dan keistimewaan yang tidak kalah dengan dengan batik – batik dari daerah lain seperti bati yang dihasilakan oleh pengrajin dari kota Yogyakarta, pekalongan, atau daerah penghasil batik lainnya. Sehingga batik tulis asli dari kota solo ini banyak diminati baik oleh orang – orang asli Indonesia atau bahkan turis asing. Sangat disayangkan apabila ketika membeli batik tulis asli tetapi belum mengerti betul apa – apa yang harus diperhatikan. Sehingga mengakibatkan bisa menjadi korban penipuan.

Untuk mendapatkan batik tulis solo asli, beberapa hal penting berikut di bawah ini perlu diperhatikan jika anda akan membeli batik tulis asli.

  1. Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah bahan dasar pembuatan batik tulis asli. Batik tulis asli tidak bisa dibuat jika bahan dasar yang digunakan mengandung polyester. Kain yang biasa digunakan untuk membuat batik tulis asli pada umumnya adalah kain katun, kain sutra, dan kain rayon.
  2. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam memilih batik tulis asli ialah motif dan pola yang ada pada batik tersebut. Gambar pola pada batik tulis asli tidak pernah terbuat sama persis. Apabila diperhatikan baik-baik dengan cermat, pola yang terbentuk pada batik tulis asli terlalu kecil dan ada bagian yang terbentuk lebih besar. Ini terjadi karena pembuatan batik tulis dilakukan manual oleh tangan manusia.
  3. Kemudian, kain yang biasa digunakan untuk bahan dasar batik tulis asli ini pada umumnya lebih berat dibandingkan dengan bahan dasar kain batik jenis yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*