Home » Kesehatan » Punya Masalah Rambut Kering, Atasi Dengan 5 Bahan Alami Ini

Perawatan rambut bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi para wanita, rambut menjadi salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Namun, masalah rambut kerap menghantui pula. Mulai dari rambut berketombe, rambut rontok, rambut lepek dan bahkan rambut kering. Kali ini kita hanya akan membahas bagaimana sih menangani dan merawat rambut yang kering?

Dengan menggunakan bahan-bahan alami, tentunya membutuhkan proses untuk membuat rambut keringmu terlihat lebih lembab dan sehat. Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengatasi dan merawat rambut anda yang kering.

1. Madu dan Perasan Lemon

Menggunakan madu dan perasan lemon untuk mengatasi rambut yang kering adalah cara yang cukup efektif. Campurkan dua sendok makan madu dan dua sendok makan perasan lemon. Oleskan pada rambut anda hingga merata. Tutup rambut menggunakan handuk dan diamkan selama 40 menit. Setelah 40 menit, bilas rambut anda hingga bersih.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat dinilai memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat buah alpukat yaitu dapat mengatasi masalah rambut kering yang anda alami. Cara menggunakan buah alpukat sebagai perawatan rambut kering juga sangat mudah. Gunakan satu buah alpukat yang telah matang. Haluskan buah alpukat menggunakan blender hingga menjadi jus alpukat. Oleskan jus alpukat tersebut secara merata ke seluruh bagian dari rambut anda. diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas rambut anda hingga bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dinilai mampu menjaga kelembaban rambut anda. oleh sebab itu, penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi rambut yang kering adalah salah satu cara yang tepat. Sebenarnya tak hanya minyak kelapa saja yang dapat anda gunakan untuk mengatasi rambut yang kering. Minyak almond dan minyak yang berasal dari bunga matahari juga dapat anda gunakan untuk mengatasi rambut kering anda. Cara yang bisa anda lakukan adalah mencuci rambut anda hingga bersih terlebih dahulu. Oleskan minyak setelah anda membersihkan rambut anda. Tutup rambut anda menggunakan handuk, dan diamkan selama 20 menit. Bilas kembali rambut anda hingga bersih.

4. Cuka Apel

Cuka Apel merupakan salah satu bahan yang dapat mengatasi masalah pada rambut anda, termasuk rambut yang kering. Menggunakan cuka apel pada rambut anda juga dapat membuat rambut anda menjadi lebih halus. Cara memakainya, kamu harus mencampurkan setengah cangkir cuka apel, satu sendok makan minyak gandum, dan dua cangkir air putih. Campur semua bahan menjadi satu, setelah itu oleskan pada rambut anda dalam keadaan basah hingga merata. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas rambut anda hingga bersih. Cuka apel memiliki bau yang cukup menyengat, untuk mengurangi bau cuka apel yang cukup menyengat, anda dapat menggunakan kondisioner.

5. Mayones

Selama ini yang kita tahu bahwa mayones adalah salah satu pelengkap saat anda sedang makan. Namun, ternyata mayones juga dapat digunakan untuk mengatasi perawatan rambut kering anda, lho. Asam lemak yang terkandung dalam mayones dapat membuat rambut anda menjadi lebih lembut. Cara pemakaiannya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan satu sendok makan mayones ke seluruh bagian dari rambut anda yang telah kering, karena anda harus memastikan sebelum melakukannya, anda sudah berkeramas terlebih dahulu. Tutup rambut menggunakan handuk selama 15 menit. Kemudian bilas kembali rambut anda menggunakan shampoo, lebih baik gunakan jenis shampoo yang lembut seperti rambut bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*