Home » Internet » SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WORDPRESS

WordPress merupakan CMS (Content Management System) berbasis open source, yang sering digunakan sebagai engine blog, dibangun bersamaan dengan MySQL dan PHP, yang layanannya sendiri dapat Anda temukan melalui penyedia hosting murah. Jika Anda salah satu pengguna WordPress, tidak ada salahnya mengetahui tentang sejarah dan perkembangan WordPress berikut ini.

Sejarah WordPress

WordPress menjadi CMS paling populer saat ini, digunakan oleh lebih dari 12% dari 1 juta website yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki banyak fitur, seperti template serta arsitektur plugin yang beragam. Pertama kali, WordPress dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang saat ini masuk ke dalam jajaran 30 Under 30 inc.com, 25 Most Influential People on the Web Business Week, dan Top 50 People on the Web PC World.

Pada tahun 2002, Matt yang biasa menulis blog di b2 (bbpress.org) tidak beroperasi lagi, kemudian memiliki ide untuk mengembangkan blogware sendiri, namun tetap mengikuti standar website dengan struktur baik dan nuansa bersih. Keinginan tersebut semakin kuat saat tahun 2003 dimana Matt mengajak salah seorang rekannya, Mike Little untuk mulai mengembangkan WordPress. Hal ini pada akhirnya membuat pengembang b2, Michel Valdrighi, bergabung bersama Matt dan Mike Little.

Perkembangan WordPress

Pada tanggal 27 Mei 2003, versi pertama WordPress dirilis dan dilanjutkan dengan WordPress wiki atau lebih dikenal dengan codex.wordpress yang publish pada Desember 2003. Saat itu, WordPress mengalami popularitas yang terus meningkat, membuat CMS ini mendapatkan update besar-besaran pada Januari 2004, seperti menambahkan sejumlah fitur seperti edit link, multiple category, dan interface admin yang lebih baik dari versi sebelumnya. Nah, jika Anda juga sebagai salah satu pengguna WordPress, ada baiknya juga memilih layanan hosting murah yang bisa disesuaikan dengan budget maupun kebutuhan Anda.

Update pun dilanjutkan pada bulan Mei 2004, dimana saat perilisan versi 1.2, WordPress turut memperkenalkan fitur baru, seperti arsitektur plugin versi baru, sistem moderasi komentar, serta post review. Sementara tahun 2005 menjadi tahun yang bersejarah bagi WordPress, dimana versi 1.5 yang rilis pada tahun ini telah diunduh sebanyak 900 ribu kali, serta memulai service layanannya melalui wordpress.com.

Fitur lengkap dan kemudahan akses menjadi alasan mengapa CMS ini begitu populer di dunia. Jika Anda ingin mendapatkan kebutuhan hosting yang lengkap untuk membangun website, saatnya hubungi layanan hosting murah yang ada di Indonesia. Namun, pastikan pula bahwa layanan hosting yang Anda pilih tak hanya menawarkan harga ekonomis, namun juga memberikan pelayanan profesional.

 

sumber: https://www.dewaweb.com/sejarah-singkat-dan-perkembangan-wordpress/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*