Home » Kesehatan » 6 Zat Didalam Buah Manggis Yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Related image

Kandungan Vitamin dan mineral yang ada didalam buah manggis memang banyak, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.Dan bahkan salah satu kandungan zat nya dapat melawan kanker yaitu zat xanthones.Selain itu juga buah manggis memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil, dan sifat antioksidannya bermanfaat untuk menangkal dan membasmi radikal bebas.Oleh karena itulah ibu hamil dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.Kandungan mineral seperti asam folat dan mangan yang ada didalam buah manggis sangat baik untuk pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan, dan juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil. Ada 6 zat didalam buah manggis buat ibu hamil yang sangat bermanfaat diantaranya yaitu :

  1. Asam Folat

Ada sekitar 61 mikrogram asam folat yang terkandung didalam satu cangkir manggis, selama masa kehamilan ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram.Selain itu kandungan asam folat didalam manggis sangat cocok dikonsumsi oleh mereka pasangan suami istri yang ingin segera memiliki anak. Hal ini dikarenakan asam folat berguna didalam proses pertumbuhan jaringan pada janin. Akan terjadinya gangguan pada janin jika kekurangan asam folat.Oleh karena itulah supaya kebutuhan asam folat harian terpenuhi maka sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah manggis yang mengandung asam folat 31 mikrogram didalam setiap 100 gramnya.

  1. Mangan

Mangan merupakan salah satu mineral yang ada didalam buah manggis, dimana didalam 1 cangkir buah manggis terkandung 0,2 miligram mangan. Ibu hamil setiap harinya akan membutuhkan mangan sebanyak 2 miligram, dimana zat ini berfungsi untuk membantu didalam proses pembentukan sistem kerangka dan tulang rawan. Bagi ibu hamil kandungan mangan didalam manggis memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu ibu dan janin agar terhindar dari terjadinya kerusakan sel.

  1. Vitamin C

Buah manggis juga mengandung Vitamin C yang dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.Selain itu juga dapat mengurangi resiko untuk terkena infeksi dan juga menjaga reproduksi kolagen. Buah manggis mengandung senyawa yang membantu kulit untuk tetap elastis sehingga akan selalu sehatnya kulit ibu hamil pada saat merenggang seiring dengan pertumbuhan janin.

  1. Kalsium

Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil lebih banyak karena kalsium tersebut akan dibagikannya kepada janin, yang akan digunakannya untuk mendukung proses pembentukan tulang. Sehingga wajar saja jika sakit dibagian pinggang akan sering dialami ibu hamil. Didalam setiap 100 gram buah manggis yang ibu hamil makan terkandung 12 mg kalsium.

  1. Zat Besi

Zat besi juga salah satu nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Kebutuhan harian akan Zat besi perlu dipenuhi oleh ibu hamil supaya menjadi lebih segar dan akan berjalan dengan normalnya pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Selama masa kehamilan ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan zat besinya dengan mengkonsumsi buah manggis.

  1. Vitamin B1

Buah manggis juga mengandung vitamin B1 yang dapat meningkatkan dan memperbaiki nafsu makan ibu hamil.Rasa mual pada saat hamil ternyata dapat dikurangi dengan rasa sedikit kecut dari buah manggis.

Itulah 6 zat didalam buah manggis yang bermanfaat bagi ibu hamil.Selain itu buah manggis mengandung serat yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah sembelit, dan mengurangi resiko terkena komplikasi kehamilan yang lainnya seperti tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*