Home » Otomotif » Memahami Apa Itu Spooring dan Tanda-Tanda Mobil Harus Dispooring

Image result for apa itu spooring

Memiliki sebuah mobil memang menjadi salah satu impian banyak orang. Terlebih harga mobil yang saat ini semakin bervariasi dan cukup terjangkau maka semakin banyak pula masyarakat yang bisa memiliki mobil impian. Meskipun begitu ketika memiliki mobil maka jangan lupa melakukan perawatan dan servis secara berkala. Tujuannya agar mobil tersebut terawat dengan baik sehingga aman dari kerusakan yang parah dan membahayakan. Berbicara tentang servis mobil,mungkin belum banyak yang tahu bahwa servis mobil memiliki jenis yang beragam. Salah satu yang perlu anda ketahui dari jenis servis mobil yaitu spooring. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia otomotif mungkin belum memahami betul apa itu spooring. Sebaiknya anda memahami betul spooring karena menjadi bagian dari servis mobil yang penting.

Supaya anda tidak ragu melakukan spooring saat servis mobil anda maka pahami terlebih dahulu apa itu spooring. Perlu anda ketahui bahwa spooring merupakan sebuah proses pada mobil yang bertujuan untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda pada mobil seperti semula. Dalam hal ini keempat roda mobil akan diservis sesuai factory setting. Biasanya bagian dua roda depan yang diluurskan serta diatur supaya kembali seperti semula. Namun untuk spooring ini tidak perlu dilakukan secara berkala. Biasanya spooring dilakukan setelah anda mengganti beberapa bagian mobil misalnya sayap atau yang berkaitan dengan stir mobil. Ketika itulah spooring harus dilakukan pada mobil anda.

Meskipn spooring tidak harus dilakukan berkala, tetapi anda harus mengetahui tanda-tanda kapan mobil harus dilakukan spooring. Jangan sampai anda mengabaikan spooring tersebut karena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat mengendari mobil tersebut. Berikut akan dijelaskan tanda-tanda kapan mobil harus dilakukan spooring yang perlu anda ketahui.

  1. Bila permukaan band sudah tidak rata baik di salah satu ban atau bahkan keduanya. Saat ban sudah mulai aus pada salah satunya maka bisa terlihat adanya benjolan pada ban tersebut. Bila hal ini terjadi maka terdapat malah di bagian sistem suspensi khususnya dibagian ban mobil anda.
  2. Tanda-tanda mobil harus dispooring berikutnya yaitu saat digunakan untuk parkir, baik di lokasi yang datar atau miring terihat roda mobil tersebut miring.
  3. Ban bagian belakang terlihat tidak sejajar lurus bagian belakang mobil. Untuk memastikan kondisi ini anda bisa melihat mobil dari belakang lalu ambilah jarak beberapa meter. Amati mobil anda di bagian belakangnya lalu lihatlah apakah roda tergeser ataupun tidak presisi dari tempat semula.
  4. Ketika anda mengendarai mobil maka terasa arah stir yang cenderung ke bagian satu sisi maka hal ini menjadi pertanda anda harus segera melakukan spooring. Sebab dalam kondisi ini ban mobil sedang berada di posisi yang bukan semestinya.
  5. Bila anda sedang menyetir dan setir tersebut terasa lebih berat serta sudah dikendalikan tidak seperti biasanya maka hal tersebut menjadi pertanda harus dilakukan spooring.
  6. Saat anda melewati jalanan yang bagus serta tidak ada halangan lalu anda berbelok tetapi terasa miring yang tidak wajar maka hal tersebut menjadi tanda anda harus melakukan spooring.
  7. Tanda anda harus melakukan spooring berikutnya yaitu ketika mengendari mobil anda merasakan getaran yang mengganggu kestabilan mobil tersebut.

Melalui penjelasan di atas kini anda bisa tahu apa itu spooring dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring. Sebab bila anda tidak segera melakukan spooring maka bisa berakibat fatal. Untuk itulah segera lakukan servis saat anda merasakan hal yang aneh atau kurang nyaman pada mobil anda untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*