Home » Bisnis » Menghitung Porsi Investasi Untuk Rumah Tangga

Related image

Mengatur keuangan keluarga seringkali dianggap sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, mengelola keuangan keluarga akan terasa sangat sulit dan rumit ketika Anda harus mengalokasikan dana yang dimiliki untuk kebutuhan lainnya. Sebab, dalam mengelola keuangan keluarga, Anda tidak hanya perlu mengelola keuangan untuk kebutuhan konsumsi saja. Dibutuhkan perhitungan untuk porsi investasi agar dapat memberikan manfaat lebih dari uang yang Anda miliki. Lalu, bagaimana cara menghitung porsi investasi untuk keuangan rumah tangga? Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Menghitung konsumsi primer

Sebelum menghitung porsi uang yang akan digunakan untuk berinvestasi, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu berapa nominal uang yang dibutuhkan untuk kebutuhan primer. Kebutuhan primer seperti konsumsi makanan, transportasi hingga hiburan perlu diperhitungkan secara matang agar dapat menyisihkan uang untuk investasi. Setelah mendapatkan angka yang tepat dalam memenuhi kebutuhan konsumsi primer bulanan, maka Anda bisa menyisihkan dana untuk investasi.

Menghitung dana cadangan

Selain menghitung kebutuhan konsumsi, perhitungkan juga dana yang perlu disimpan dalam bentuk tabungan. Dana tersebut nantinya akan berguna sebagai dana cadangan yang akan bermanfaat apabila terdapat pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar. Alokasikan sebagian sisa uang yang Anda sisihkan untuk investasi agar dapat menjadi dana cadangan keluarga Anda.

Mengalokasikan dana Untuk Investasi

Setelah mengalokasikan dua hal diatas, maka kini saatnya menggunakan dana yang tersisa untuk berinvestasi. Sisihkan uang yang telah dihitun tersebut diawal agar uang untuk berinvestasi tidak terpakai begitu saja. Dengan mengalokasikan dana untuk investasi terlebih dahulu, Anda dapat melakukan investasi secara disiplin dan menghasilkan keuntungan yang besar di kemudian hari.

Itulah berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur porsi investasi di rumah tangga. Pastikan juga Anda memilih skema investasi terbaik yang menguntungkan seperti peer-to-peer lending Mekar. Sebab, pemilihan skema investasi akan sangat menentukan seberapa menguntungkan investasi yang dilakukan dan seberapa aman investasi tersebut. Oleh karena itu, pilihlah investasi yang bagus dan terpercaya seperti peer to peer lending Mekar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*