Home » Kesehatan » Optimalkan Perkembangan Janin

Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting baik bagi si ibu maupun janinnya. Terlebih, menurunnya kesehatan ibu hamil bisa membuat keduanya rentan mengalami berbagai risiko mengkhawatirkan.  Ibu hamil harus hati-hati dalam mengonsumsi obat meskipun penyakitnya ringan seperti demam atau pilek. Sebaiknya konsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat demam atau obat pilek resep dokter.

Pola makan ibu hamil yang baik menjadi faktor penting untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil dan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang di masa kehamilan agar bayi terlahir sehat. Salah satu asupan penting yang wajib dipenuhi adalah DHA karena bermanfaat untuk mendukung kinerja sistem saraf pusat, otak, dan mata.

Mengenal DHA

DHA atau docosahexaenoic acid adalah asam lemak omega-3 yang dibutuhkan selama masa kehamilan. DHA dan perkembangan otak janin adalah hal yang saling berkaitan karena DHA dapat memberikan hasil yang positif dalam masa kehamilan, perkembangan janin selama masa kehamilan terutama untuk pembentukan otak dan mata, bahkan perkembangan jangka panjang anak.

Makanan yang mengandung DHA

Anda mungkin pernah mendengar kandungan DHA pada susu formula. Kandungan DHA lazim ditemukan pada ikan dan makanan laut. Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan DHA tinggi:

1. Salmon

Ikan laut yang terkenal dengan kandungan gizinya adalah salmon. Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yaitu DHA dan EPA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

2. Tuna

Tuna memiliki kandungan DHA serta omega 3 dan omega 6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda kesulitan mendapatkan ikan tuna segar, Anda bisa mengonsumsi sarden kaleng.

3. Ikan Trout

Meskipun jenis ikan ini cenderung susah untuk diperoleh, ikan ini sangat tinggi akan kandungan DHA.

4. Kerang

Makanan laut lainnya yang mengandung DHA adalah kerang. Kerang memiliki kandungan DHA sekitar 430 mg per 3 ons kerang dan juga mengandung omega 3.

5. Tiram

Yang terakhir adalah tiram. Tiram memiliki kandungan DHA yang hampir sama dengan kerang dan juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*