Home » Bisnis » Sampoerna Retail Community (SRC) Tonggak Perekonomian Negara

Persaingan pelaku ritel yang semakin tinggi memaksa peritel tradisional untuk mau berbenah dan menyesuaikan diri dengan tren saat ini. Oleh karena itulah, para peritel tradisional memerlukan pendampingan khusus berkelanjutan yang dapat membantu mereka para peritel dalam mempertahankan serta mengembangkan usahanya. Untuk menjawab kebutuhan akan pendampingan bagi peritel tradisional, PT HM Sampoerna, Tbk. hadir dengan program Sampoerna Retail Community (SRC). SRC merupakan program pembinaan terhadap outlet retail yang dinilai potensial dan terpilih sebagai mitra bagi Sampoerna yang kemudian disatukan dalam komunitas sesuai lokasi bisnis asal mitra SRC. Siapapun bisa bergabung menjadi anggota SRC. Dengan catatan, setiap pelaku UKM harus memiliki toko ritel yang sudah beroperasi, dan syarat utama adalah komitmen untuk memajukan bisnis.

SRC akan memberikan panduan dan dukungan kepada toko lewat program peningkatan kapabilitas yang telah dirancang khusus sehingga mampu mendongkrak kinerja bisnis dari para pelaku ritel indonesia, seperti manajemen pengelolaan toko dan strategi peningkatan pelayanan demi meningkatkan omzet. Sebagai bagian dari usaha meningkatkan kualitas peritel tradisional, Sampoerna menggelar Pesta Retail Nasional (PRN). PRN merupakan wadah apresiasi serta silaturahmi bagi para pelaku UKM yang tergabung dalam SRC. Acara ini telah diadakan pada Kamis, 22 November 2018 bertempat di ICE BSD, Tangerang. Terhitung PRN tahun kemarin sangat sukses dan pihak SRC akan lebih meningkatkan lagi dengan menggelar PRN serupa di tahun 2019 tentunya dengan intensitas yang lebih sering.

Untuk memberikan edukasi melalui pengalaman nyata mengenai ekosistem komersial, PRN menampilkan replika toko retail tradisional dan simulasi pembinaan. Para peserta akan mendapat pengetahuan mengenai peran SRC dalam membangun sosial ekonomi dan keterlibatan semua lini untuk memperkuat jaringan komunitas SRC. Melalui acara ini, diharapkan para peserta dapat kembali ke komunitas di daerah mereka berasal dan berbagi ilmu dengan anggota SRC lain. Pesta Ritel Nasional menjadi wujud nyata komitmen PT HM Sampoerna Tbk., untuk membangun negeri melalui pemberdayaan peritel tradisional. Di tengah gonjang-ganjing kenaikan dolar Amerika terhadap mata uang rupiah, boleh jadi peritel tradisional menjadi pihak yang berada di posisi “diuntungkan”. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat yang mengalihkan pembelian kebutuhan mereka ke produk-produk lokal.

Meski demikian, bukan berarti para peritel tradisional tidak perlu mawas diri dan waspada terhadap tantangan lain yang dapat menggerus bisnis mereka. Maka dari itu SRC akan terus berusaha untuk memajukan peritel indonesia, jika tidak yang ada malah bangkut dan tidak bisa bersaing dengan peritel modern yang saat ini sudah menjamur, maka dari itu komunikasi antar peritel sangat dibutuhkan, dengan begitu para peritel siap untuk menghadapi gonjang ganjing yang ada, dan tentunya akan terus didukung oleh SRC Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*